Komisi E Dukung Pengembangan Green Hospital RSJD Dr Arif Zainidin – DPRD JATENG

FOTO BERSAMA : Komisi E berfoto bersama dengan pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr Arif Zainidin.(foto: rafdan rahinaya)

SURAKARTA – Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah dipimpin Joko Purnomo meninjau langsung RSJD Dr Arif Zainidin Surakarta, Selasa (31/10/2023).

Dalam pertemuan kali ini, Tri Kuncoro selaku Direktur RSJD Surakarta membahas tentang konsep green hospital atau rumah sakit berwawasan lingkungan. Sejumlah bangunan di rumah sakit milik Pemprov Jateng tersebut berkonsep ramah lingkungan. Mulai memperbanyak ruang terbuka, taman, serta konservasi lingkungan dengan mengembangkan energi terbarukan. Konsep green hospital merupakan sistem mitigasi guna mengantisipasi perubahan iklim global. 

Tujuan penerapan green hospital untuk mewujudkan kondisi rumah sakit yang berwawasan lingkungan serta pemenuhan aspek berkelanjutan lingkungan dan menyongsong NET zero pada 2050.

“Kami sudah berhasil menurunkan emisi melalui energi dan eliminasi jejak karbon. Implementasi konsep green hospital di RSJD Dr. Arif Zainidin masih perlu meningkatkan kesadaran dan keterlibatkan semua pihak”, jelasnya.

Joko Purnomo mengapresiasi kinerja seluruh apparat termasuk tenaga Kesehatan RSJD Dr. Arif Zainidin dalam menerapkan green hospital di lingkungan rumah sakit. Ia mengharapkan dengan lingkungan rumah sakit yang bersih dan berwawasan lingkungan akan membuat nyaman pasien dan pengunjung yang datang ke rumah sakit.

“Lingkungan di RSJD Dr. Arif Zainidin sudah lebih tertata, kalo perlu di tingkatkan lagi agar seperti taman rekreasi sehingga pengunjung merasa nyaman”, jelasnya.

Menambahkan Yudi Indras Wiendarto penerapan green hospital perlu dikembangkan. Dalam melakukan pengembangan perlunya adanya tim ahli yang bertanggung jawab. 

“Untuk mengembangkan green hospital disini harus ada tim yang ahli di bidangnya. Kalo tidak maka melakukan kerja sama dengan masyarakat sekitar untuk mengembangkan green hospital dengan sistem bagi hasil,” jelasnya.(ryo/priyanto)

By admin

Leave a Reply