Daerah

Komisi C Tertarik Pengembangan Bisnis Perusda PT Bangun Banua – DPRD JATENG

BERI KENANG-KENANGAN : Jajaran Komisi C memberikan kenang-kenangan kepada Dirut PT Bangun Banua Bayu Budjang.(foto: teguh prasetyo)

BANJARBARU – Komisi C DPRD Jateng berkunjung ke Kantor PT Bangun Banua bertempat di Hotel Batung Tulis, Kota Banjarbaru, Selasa (14/5/2024). Kunjungan tersebut masuk dalam satu rangkaian kunjungan kerja Komisi C ke Provinsi Kalimantan Selatan, setelah sebelumnya bertandang ke Kantor Setda Provinsi.

Ketua Komisi C Bambang Hariyanto Baharudin menjelaskan tujuan datang ke sini guna melihat tata kelola BUMD yang ada di Kalsel. Dengan demikian Jateng bisa mengetahui cara pengelolaannya.

“Tujuan kami ke sini untuk melihat sistem tata kelola BUMD Warga Berita Kalsel dan Jateng. Yang nantinya bisa saling sharing diantara kita semua” ujarnya singkat.

Pada kunjungan tersebut, Komisi C diterima Dirut PT Bangun Banua Bayu Budjang. PT Bangun Banua merupakan salah satu badan usaha miliki daerah (BUMD) Kalsel. Perusda tersebut bergerak di berbagai bidang usaha. Di antaranya perhotelan, pertanahan, perumahan, pertanian, penjualan elpiji 3 kg.

Dari penjelasan Bayu, perusahaan tersebut memiliki tingkat kontribusi penyetoran pendapatan terhadap pemeritah. Ditargetkan dari tahun ke tahun terus meningkat.

Hal itu dapat dilihat dari jumlah penyertaan modal yang meningkat signifikan dalam rentang waktu 2 tahun sebesar Rp 20 miliar pada 2010 sampai dengan 2012. Untuk  setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun mengalami peningkatan drastis seperti tahun 2022 sebesar Rp 1,8 milyar dan 2023 sebesar Rp 5 miliar. 

Bayu Budjang memaparkan, ada satu aset milik pemprov yang diambil oleh PT. Bangun Banua yakni Hotel Batung Tulis. Menurutnya, setelah hotel diambil alih oleh BUMD pendapatan hotel semakin meningkat jika dibandingkan saat dikelola oleh dinas.

“Memang hotel ini kita ambil alih sekarang. Setelah kita ambil alih sedikit demi sedikit pendapatan meningkat dan tahun ini rencana akan kita renovasi” terang Bayu.

Sementara itu, Sriyanto Saputro selaku Wakil Ketua Komisi C mengapresiasi kinerja dari PT. Bangun Banua. Dari segi kinerja BUMD ini mampu mengelola beberapa aset yang ada salah satunya yakni Hotel Batung Tulis.

“Ini cara yang bagus ya menurut saya. Hotel yang di kelola oleh BUMD malah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun”, terangnya.(rafdan/priyanto)

Shares:

Leave a Reply