Dulu tak Sebut Palestina, McDonald’s di Indonesia Kini Siap Bantu Warga Gaza


Warga Berita, JAKARTA — PT Rekso Nasional Food merasa sangat prihatin atas eskalasi konflik di Jalur Gaza, Palestina. Sebagai pemegang waralaba dan pengembang merek McDonald’s di Indonesia, perseroan memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai kemanusiaan. “Kesedihan ini dirasakan oleh segenap direksi dan karyawan PT Rekso Nasional Food,” begitu siaran pers McD Indonesia di Jakarta, Senin (6/11/2023).

PT Rekso Nasional Food ingin mendukung upaya dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia. Karena itu, perseroan akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban di Gaza, Palestina. “Bantuan ini akan kami salurkan melalui organisasi sosial yang responsif dalam menangani para korban,” demikian pertanyaan manajemen.

Perseroan berharap, dapat melihat terwujudnya perdamaian dengan segera. Sehingga tidak ada lagi korban berjatuhan, terutama anak-anak dan wanita akibat konflik ini.

Dalam kesempatan itu, manajemen PT Rekso Nasional Food juga merespons perhatian masyarakat atas pembayaran royalti. Perseroaan menegaskan bahwa peruntukannya semata untuk mendapatkan hak menggunakan merek dan standardisasi sistem operasional McDonald’s.

Baca juga : Pengiriman Bantuan RI untuk Warga Palestina Dibagi Dua Gelombang

“Penerimaan dari royalti tersebut tidak digunakan oleh perusahaan McDonald’s Corporation global untuk mendanai ataupun mendukung pemerintah mana pun yang terlibat dalam konflik ini,” begitu bunyi pernyataan manajemen.

Sebelumnya, McDonald’s Indonesia yang dimiliki PT Rekso Nasional Food ikut mengomentari aksi McDonald’s Israel, yang membagi-bagikan makanan gratis kepada tentara dan warga Israel di saat militer Zionis sedang gencar membombardir wilayah Jalur Gaza. Pihak McDonald’s Indonesia pada Jumat (20/10/2023), merilis pernyataan resmi.

Namun, dalam pernyataan resmi yang dirilis ke awak media, pihak McDonald’s Indonesia tidak sama sekali menyebut kata Palestina ataupun Gaza. Alih-alih menggunakan dua kata tersebut, McDonald’s Indonesia lebih memilih menggunakan kata Timur Tengah untuk menyebut pertempuran yang terjadi antara Israel dan Hamas.

“PT Rekso Nasional Food sangat prihatin melihat eskalasi konflik baru-baru ini di Timur Tengah. Sebagai pemegang waralaba yang memiliki peran dalam mengembangkan jaringan McDonald’s di Indonesia, bagi kami komunitas adalah jantung dari bisnis perusahaan. Simpati kami tujukan kepada para korban, keluarga mereka, dan komunitas yang terdampak,” kata Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Meta Rostiawati, dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (20/10/2023)

(tka)

By admin

Leave a Reply