Dukung Gerakan Penanaman 10 Juta Pohon, Kapolres Brebes Pimpin Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai

Whatsapp Image 2023 11 15 At 11.31.491.jpeg

Brebes – Kapolres Brebes Polda Jawa Tengah AKBP Guntur Muhammad Tariq memimpin pelaksaan penamanan pohon mangrove dipesisir pantai tepatnya dijalan sekitar kawasan obyek wisata (OW) Pandansari Didesa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, pada hari Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut bagian keikutsertaan Polres Brebes dalam gerakan penanaman serentak 10 juta pohon dalam rangka sinergitas Warga Berita Polri dengan Kemenko PMK.

“Kegiatan penanaman 10 juta pohon bersama Polri ini dilaksanakan secara serentak di Polda dan Polres jajaran, termasuk Polres Brebes,” kata Kapolres AKBP Guntur M Tariq.

Dipilihnya pohon mangrove dan ditanam dipesisir pantai dikarenakan wilayah Kabupaten Brebes merupakan salah satu kawasan konservasi perairan di Indonesia.

Disebutkan Kapolres, beberapa kecamatan di Brebes yang berada di Kawasan konservasi perairan Warga Berita lain Di Kecamatan Brebes, kawasannya mencakup pesisir Desa Kaliwlingi, Desa Randusanga Kulon dan Desa Randusanga Wetan.

Di Kecamatan Wanasari, berada di Desa Sawojajar. Selanjutnya di Kecamatan Bulakamba, wilayahnya mencakup pesisir Desa Grinting. Di Kecamatan Tanjung, wilayahnya mencakup pesisir Desa Pengaradan. Dan di Kecamatan Losari, wilayahnya pesisir ada didesa Karangdempel.

“Kabupaten Brebes memiliki panjang pantai mulai dari perbatasan timur kota Tegal sampai dengan sungai Cisanggarung perbatasan Kabupaten Cirebon sepanjang 66 KM yang terdiri dari 5 Kecamatan,” terang AKBP Guntur.

Kapolres Brebes berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif tidak hanya secara lokal, tetapi juga sebagai kontribusi dalam upaya pelestarian global serta sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan pesisir pantai.

“Penanaman ini tidak hanya sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Tanaman Mangrove memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem laut, melindungi pantai dari abrasi, serta memberikan habitat bagi beragam flora dan fauna,” ujar Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, dalam berbagai kesempatan sudah banyak dilakukan hal yang sama yakni penanaman pohon dalam rangka penghijauan. Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk dapat merawat dan memilhara apa yang sudah dilakukan sebagai bentuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

“Yang paling penting makna dari kegiatan ini adalah pemahaman kita tentang bagaimana memelihara, merawat, merehabilitasi yang rusak, sehingga betul-betul hutan mangrove kita ini terjaga kelestarianya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda atau yang mewakili, Para Kabag dan Perwira Polres Brebes, Pokdarwis serta masyarakat sekitar lokasi penanaman. (Hms).

By admin

Leave a Reply