Daerah

Bupati Tiwi Tekankan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan di SMAN 2 Purbalingga

PURBALINGGA INFO – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) melaksanakan kegiatan “Bupati Mengajar” di Aula SMA Negeri 2 Purbalingga, Jumat (14/6/24). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa, serta meningkatkan pemahaman mereka mengenai wawasan kebangsaan.

Dalam sambutannya, Bupati Tiwi menekankan pentingnya generasi muda memahami empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika

“Dengan pemahaman yang baik, diharapkan akan tumbuh rasa cinta terhadap bangsa dan negara, serta kesadaran untuk menjaga dan mempertahankan NKRI dan ideologi bangsa sampai titik darah penghabisan,” ujarnya.

Bupati Tiwi juga berharap generasi muda dapat menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas dan berjiwa Pancasila, untuk menuju Indonesia Emas 2045. Ia mengingatkan para siswa tentang pentingnya menjaga empat pilar kebangsaan yang menjadi fondasi berdirinya bangsa Indonesia.

“Tugas kita sebagai generasi muda adalah menjaga empat pilar kebangsaan supaya bangsa Indonesia tetap berdiri kokoh. Maju mundurnya bangsa kita salah satunya ditentukan oleh kualitas generasi muda. Oleh karena itu, para pelajar di SMA Negeri 2 Purbalingga harus berjuang keras untuk mencapai prestasi,” pesan Bupati Tiwi.

Bupati Tiwi juga menyoroti perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini. Ia mengingatkan para siswa agar bijak dalam memanfaatkan teknologi, karena teknologi bisa memberikan dampak positif maupun negatif.

“Perkembangan teknologi ini seperti dua sisi mata uang. Selain mempermudah kita, juga membuka peluang masuknya pengaruh asing. Sehingga tidak heran banyak anak-anak muda kita sekarang semangat nasionalismenya memudar. lebih suka budaya asing daripada budaya Indonesia. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi agar tidak terjebak dampak negatif,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMAN 2 Purbalingga, Nur Samsudin, mengapresiasi kegiatan Bupati Mengajar ini. Diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa, meningkatkan semangat belajar, serta memotivasi mereka untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

“Kami senang sekali dengan adanya kegiatan Bupati Mengajar di SMAN 2 Purbalingga karena akan memotivasi anak-anak kami untuk bisa berhasil dan mudah-mudahan kedatangan Ibu Bupati ke sekolah kami akan menambah semangat anak-anak kami untuk berprestasi,” ujar Nur Samsudin.

Ia juga memaparkan berbagai prestasi yang diraih SMAN 2 Purbalingga, di antaranya 57 prestasi di tingkat kabupaten, 19 di tingkat Karisidenan Banyumas, 6 di tingkat provinsi, serta berbagai prestasi lainnya. (dhs/Kominfo)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *