Daerah

BPS dan UMPP Launching Pojok Statistik UMPP

Kota Pekalongan – Warga Berita Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan melaunching Pojok Statistik di Gedung Perpustakaan Kampus 1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (FEB UMPP) Lantai 1, Jalan KH. M. Mansyur No.2, Bendan, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Selasa (14/5/2024).

Launching Pojok Statistik UMPP yang dilaksanakan pertama kali di Kota Pekalongan ini turut hadiri oleh Kepala BPS Kota Pekalongan, Rahyudin, Kasi Statistik BPS, Nur Saidah, Humas BPS, Harto, Wakil Rektor III UMPP, Aslam Fatkhudin, Dekan FEB UMPP, Yohani, akademisi maupun mahasiswa-mahasiswi UMPP. Pojok statistik UMPP merupakan layanan kolaborasi Warga Berita Badan Pusat Statistik dengan Perguruan Tinggi UMPP.

Kepala BPS Kota Pekalongan, Rahyudin menjelaskan bahwa, Pojok Statistik adalah inovasi pelayanan statistik terpadu sebagai langkah BPS memberikan layanan prima dan lebih dekat dengan masyarakat.

Menurutnya, dengan adanya pojok statistik di UMPP, mahasiswa-mahasiswi dan dosen maupun masyarakat dapat memanfaatkan data untuk menjembatani kebutuhan kampus dalam tridarma perguruan tinggi dan program Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebelumnya, BPS telah menjalin MoU dengan UMPP sejak 2 tahun lalu.

“Pojok Stastik ini merupakan salah satu inovasi pelayanan statistik dari BPS serentak se-Indonesia berkolaborasi dengan akademisi khususnya di Perguruan Tinggi. Ada literasi statistik di jenjang SMA namun namanya berbeda yakni Goes to School, kalau di jenjang perguruan tinggi atau kampus, kami beri nama Pojok Statistik,”ucap Rahyudin.

Menurutnya, tujuan layanan ini adalah, peningkatan layanan konsultasi statistik, meningkatkan literasi statistik serta peningkatan pemanfaatan data statistik. Mengingat, masih banyak masyarakat yang belum tahu terkait tupoksi BPS, belum banyak yang paham terkait pemanfaatan data statistik. Pihaknya berkomitmen akan memperbanyak pembentukan Pojok Statistik di kampus-kampus lain seperti UNIKAL, UIN Gusdur Pekalongan, dan sebagainya.

Lanjutnya, kerja sama ini bertujuan mendorong peningkatan literasi statistika bagi sivitas akademika dan bagi masyarakat pengguna data statistik, melalui layanan yang diberikan, yaitu promosi statistika, konsultasi statistika, edukasi statistika, dan ruang baca virtual.

“Adanya Pojok Statistik ini memudahkan mereka tidak perlu lagi datang langsung ke Kantor BPS jika sewaktu-waktu membutuhkan informasi terkait data statistik. Cukup ke Pojok Statistik saja, kami juga sudah membentuk Duta Statistik dari kampus masing-masing yang sudah diajarkan mengakses data-data di Pojok Statistik ini untuk kemudian mereka menularkan ilmunya ke mahasiswa-mahasiswi lain ataupun akademisi,”ungkapnya.


Post Views: 1,502

Shares:

Leave a Reply