Daerah

Tim PKM Unsoed latih penguatan SDM pariwisata di Desa Panembangan Banyumas

Purwokerto (Warga Berita) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pendukung Desa Smart Village Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan pelatihan penguatan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Desa Panembangan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tim PKM yang diketuai Dr. Siti Kunarti S.H., M.Hum. serta beranggotakan Prof. Dr. Sri Lestari, S.E., M.Si., Christina Tri Setyorini, S.E., M.Si.Ak., C.A., Ph.D., dan Ipung Permadi, S.Si., M.Cs. itu melaksanakan pelatihan pada Sabtu-Minggu (25-26/11).

Hari pertama kegiatan, Sabtu (25/11), berupa pelatihan pengelolaan homestay, baik teori maupun praktik, dengan narasumber  General Manager Green Valley Resort Baturraden Central Java Rini Endah Pribadi, S.M.Par. dan Executive Housekeeper Hotel Java Heritage Purwokerto Slamet Sulistiyono.

Dalam kesempatan itu, Rini Endah Pribadi memberikan materi tentang teori pengelolaan homestay, sedangkan Slamet Sulistiyono memberikan pelatihan tentang praktik penataan homestay. Pelatihan tersebut diikuti oleh 10 orang warga Desa Panembangan yang sudah melaksanakan dan berencana untuk mejalankan usaha homestay.

Baca juga: Kemendikbudristek kirim 910 ribu mahasiswa Program Kampus Merdeka

Selanjutnya pada hari kedua, Minggu (26/11), diisi dengan pelatihan tentang Sapta Pesona, Pemberdayaan Masyarakat, dan Technical Guiding dengan narasumber Kepala Biro Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jawa Tengah Tri Agustiningsih, Amd.Par. 

Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 orang yang terdiri atas 20 orang perwakilan dari 10 kelompok kerja pariwisata di Desa Panembangan serta 20 orang dari unsur Karang Taruna, Kelompok Sadar Wisata, dan Perangkat Desa Panembangan. 

Salah seorang pemilik homestay yang berkesempatan mengikuti pelatihan, Evi Nur Chayati mengatakan pelatihan yang diikutinya selama dua hari tersebut sangat menarik dan bermanfaat karena disampaikan oleh para narasumber yang sangat kompeten.

Anggota Tim PKM, Prof. Sri Lestari mengatakan Desa Panembangan memiliki potensi yang besar untuk menjadi desa wisata. 

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *