Daerah

Pemkot Pekalongan gencarkan vaksinasi imunisasi dasar lengkap

Gebyar Vaksinasi Pkl.jpg

Pekalongan (Warga Berita) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, terus menggencarkan gerakan vaksinasi imunisasi dasar lengkap pada anak berkelanjutan secara gratis di empat kecamatan sebagai upaya menciptakan generasi sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto di Batang, Jumat, mengatakan proses vaksinasi tidak hanya sekadar memberikan perlindungan pada yang divaksin, tetapi juga pada intinya menimbulkan kekebalan secara serentak.

“Oleh karena itu vaksinasi tidak akan berhasil jika hanya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, namun semua instansi harus terlibat agar fokus yang bisa menimbulkan penularan infeksi pada anak dapat dicegah,” katanya.

Ia mengatakan gerakan vaksinasi tersebut juga sebagai upaya menuntaskan target imunisasi dasar anak tahun 2023 sebesar 80,3 persen, yang kini sudah tercapai 60,3 persen.

“Kami berusaha menemukan cara meningkatkan capaian imunisasi dasar diantaranya dengan menyelenggarakan gerakan vaksin yang masing-masing kecamatan ditargetkan ada 60 pasien hadir dan mendapatkan vaksin,” katanya.

Adapun jenis imunisasi dasar yang diberikan dalam kegiatan tersebut, kata dia, Warga Berita lain BCG, DPT 1-3, hepatitis, polio, campak, serta vaksin rotavirus bagi balita berumur 2 bulan.

“Kami berharap pada orang tua agar mendampingi anak untuk diberikan vaksinasi. Vaksinasi ini sangat penting guna mencegah keluarga dari penularan penyakit,” katanya.

Ia menambahkan pada kegiatan vaksinasi imunisasi dasar bukan target yang ingin dicapai, melainkan ke depan keluarga dan anak-anak bisa lebih sehat dan kebal terhadap kemungkinan terkena penyakit.

 

Shares:

Leave a Reply