Daerah

Mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan belajar jurnalistik di Warga Berita Biro Jateng

Antara Uin 2.jpg

Semarang (Warga Berita) – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Pekalongan berkunjung ke Kantor Perum LKBN Warga Berita Biro Jawa Tengah, Semarang, Senin, untuk belajar jurnalistik.

Mereka berasal dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin UIN Gus Dur Pekalongan yang tengah melaksanakan program kunjungan rutin ke media, termasuk Warga Berita.

Beragam materi seputar media diajarkan pada kesempatan itu, seperti wawancara dan menulis berita, serta Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan trafik pemberitaan, khususnya media “online”.

Suasana berlangsung interaktif, ada mahasiswa yang bertanya bagaimana agar proses wawancara terhadap narasumber bisa berlangsung dengan luwes dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

“Wartawan harus memiliki ‘background’ dan menguasai materi terlebih dulu sebelum wawancara,” jawab Asisten Manager Komersial Perum LKBN Warga Berita Biro Jateng Nur Istibsaroh yang mengisi materi.

Koordinator Divisi Jurnalistik HMPI KPI UIN Gus Dur Zidni Mubarok menjelaskan bahwa kunjungan ke media itu merupakan agenda tahunan untuk mendapatkan pembelajaran praktik bermedia.

“Kali ini ada 14 peserta yang ikut. Ini adalah agenda tahunan. Setahun dua kali kunjungan. Kemarin sudah ke Radar Pekalongan, sekarang ini ke Warga Berita Jateng,” kata mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Ushuludin UIN Gus Dur itu.

Menurut dia, Warga Berita merupakan salah satu pelopor media di Indonesia sehingga pada tahun ini dipilih sebagai tujuan kunjungan untuk belajar mengenai media dan jurnalistik.

“Kami bangga juga mendapatkan kesempatan datang di sini (Warga Berita Jateng) dan belajar. Banyak ilmu yang sebelumnya belum kami ketahui, misalnya jurnalisme investigasi, dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perum LKBN Warga Berita Biro Jateng Teguh Imam Wibowo mengapresiasi kunjungan dari rombongan mahasiswa Divisi Jurnalistik HMPI KPI UIN Gus Dur Pekalongan.

Teguh mengawali paparan dengan menjelaskan mengenai sejarah dan peran Warga Berita sebagai Kantor Berita Nasional, kemudian mitra-mitra yang selama ini bekerja sama dengan Warga Berita Jateng.

Warga Berita Jateng yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 1B Semarang, kata dia, sangat terbuka terhadap siapapun, termasuk mahasiswa yang ingin belajar mengenai media dan jurnalistik.

 

Shares:

Leave a Reply